June 20, 2021

OHWO News

Berita Populer Hari Ini

Berbisnis Online Freelancer

Jadi freelancer maknanya Anda terima pekerjaan untuk periode waktu tertentu dan terima pembayaran sesudah proyek usai sesuai harga sama sesuai persetujuan.

Sebagai karyawan terlepas, freelancer, Anda bebas terima pekerjaan dari bermacam client dan tidak terlilit pada satu perusahaan atau instansi tertentu.

Bahkan juga sekarang ini ada tren Digital Nomad. Orang bekerja secara freelancer, beralih – berpindah ke bermacam negara untuk nikmati travelling sekalian terus berkreasi.
Bagaimana Langkah Usaha ‘Freelancer’

Ada banyak peluang kerja untuk freelancer.

Beberapa macam Freelancer yang saya pernah gunakan, misalnya, ialah simbol desain, pembaruan di wordpress website, e-mail pemasaran dan lain – yang lain.

Karier freelancer telah lama ada sesungguhnya. Sejauh ini orang biasa cari client melalui network sendiri, yang mana banyaknya relatif terbatas.

Tapi, dengan perkembangan tehnologi, nampaklah marketplace Freelancer.

Di marketplace Freelancer, Anda dapat menjadi anggota dan menawarkan ketrampilan ke bermacam client di penjuru dunia.

Datang – datang, pasar Anda yang sejauh ini terbatas di jaringan lokal, saat ini semakin makin tambah meluas ke penjuru dunia.

Client yang cari Freelancer akan tiba ke marketplace itu sebab menganggap semakin aman, paling dipercaya dan beberapa pilihan (dapat membanding – bandingkan dengan gampang).

Dua marketplace Freelancer yang saya pernah pakai ialah:

Fiverr marketplace yang pas untuk yang baru memulai atau ahli dengan bermacam opsi layanan yang dijajakan. Disebutkan Fiverr karena harga layanan dimulai dari $5 dollar.
Proyek.co.id marketplace lokal dalam bahasa Indonesia. Buat Anda yang ingin menawarkan layanan dengan bahasa Indonesia dapat memakai basis ini.

Berapakah Pendapatan Freelancer

Di step awalnya, Anda harus memercayakan jumlah karena nilai per proyek lumayan kecil. Sebagai contoh, di Fiverr, biasanya untuk freelancer pemula pasang harga $5 per proyek.

Kecil sekali ?

Tidak boleh cemas ! Anda dapat coba beberapa tehnik untuk tingkatkan fee, misalnya:

Membuat penawaran secara tiering fee sesuai tingkat kesusahan proyek yang dijajakan
Membuat customized proyek sama sesuai dialog dengan klien. Harga dapat semakin tinggi dari proyek yang normal.

Tetapi, satu kali lagi, perlu usaha keras pada awal untuk membuat rekam jejak. Anda harus kumpulkan banyak proyek dan mempunyai nilai peringkat yang stabil tinggi supaya dilirik oleh klien.
Panduan Sukses Berjualan ‘Freelancer’

Pengalaman dari saya memakai layanan Freelancer, banyak hal yang Anda perlu pikirkan bila ingin masuk ke sektor ini:

Tergabung ke salah satunya marketplace Freelancer, seperti Fiverr, Proyeks, Upwork
Kemampuan ketrampilan yang oke sesuai layanan yang Anda pasarkan, dituruti dengan kualitas service konsumen setia yang baik, misalkan responsive, customers oriented dan pekerjaan usai on time.
Konsistensi dan stabilitas. Perlu waktu untuk membuat rekam jejak di marketplace, karena itu perlu ketegasan dan usaha keras.
Kuasai Bahasa Inggris secara baik, tak perlu fluent, tetapi memahami untuk komunikasi tulisan karena sebagian besar brief dalam English.

Selainnya untuk cari uang, situs marketplace freelancer bermanfaat untuk tempat Anda belajar dan mengangsu pengalaman, misalkan membaca tren baru dipasar, langkah hadapi client, membaca brief dan tangani protes atau client yang susah.